SWOT Analysis “Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT pada (Pokja) Kesetaraan BP-PLSP Regional I”
TEKNOLOGI
INFORMASI dan KOMUNIKASI
SWOT
Analysis “Pembelajaran
Kejar Paket C berbasis ICT pada (Pokja)
Kesetaraan BP-PLSP Regional I”
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK
Oleh
:
Auliya
Miftachul Umri ( 1201413065 )
PENDIDIKAN
LUAR SEKOLAH
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2013
Pembelajaran
Kejar Paket C berbasis ICT pada (Pokja)
Kesetaraan BP-PLSP Regional I
LIST
Faktor Internal
Kekuatan
(S) :
1.Program
ini difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Ditjen PLS, Depdiknas, melalui dana block grant perluasan
akses pendidikan kesetaraan
2.Memanfaatkan information and communication technology (ICT)
3.Aplikasi Pembelajaran Paket C Berbasis Web.
2.Memanfaatkan information and communication technology (ICT)
3.Aplikasi Pembelajaran Paket C Berbasis Web.
Kelemahan
(W) :
1.Peserta didik yang menguasai TIK masih sedikit
2.Pembelajaran tidak terkontrol
3.Jaringan internet masih belum merata sampai ke pedesaan
4.Penyebaran informasi Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT
2.Pembelajaran tidak terkontrol
3.Jaringan internet masih belum merata sampai ke pedesaan
4.Penyebaran informasi Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT
yang
yang kurang kepada masyarakat
Faktor Eksternal
Peluang (O) :
1.
Peserta didik hanya mendaftar melalui internet dan tak perlu datang secara
langsung ke penyelenggara
2.Tidak membutuhkan banyak waktu untuk pembelajaran
3.Pembelajaran juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
2.Tidak membutuhkan banyak waktu untuk pembelajaran
3.Pembelajaran juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
Ancaman (T) :
1.Perkembangan
TIK yang cepat
2.Menimbulkan persaingan yang tidak wajar
3.Peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat
4.Sulit menyesuaikan diri dengan peserta yang lain
2.Menimbulkan persaingan yang tidak wajar
3.Peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat
4.Sulit menyesuaikan diri dengan peserta yang lain
RANKING
Faktor Internal
Kekuatan
(S) :
1.Program
ini difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Ditjen PLS, Depdiknas, melalui dana block grant perluasan
akses pendidikan kesetaraan
2.Memanfaatkan information and communication technology (ICT)
3.Aplikasi Pembelajaran Paket C Berbasis Web.
2.Memanfaatkan information and communication technology (ICT)
3.Aplikasi Pembelajaran Paket C Berbasis Web.
Kelemahan
(W) :
3.Peserta didik yang menguasai TIK masih sedikit
4.Pembelajaran tidak terkontrol
2.Jaringan internet masih belum merata sampai ke pedesaan
1.Penyebaran informasi Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT
4.Pembelajaran tidak terkontrol
2.Jaringan internet masih belum merata sampai ke pedesaan
1.Penyebaran informasi Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT
yang
yang kurang kepada masyarakat
Faktor Eksternal
Peluang (O) :
1.
Peserta didik hanya mendaftar melalui internet dan tak perlu datang secara
langsung ke penyelenggara
3.Tidak membutuhkan banyak waktu untuk pembelajaran
2.Pembelajaran juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
3.Tidak membutuhkan banyak waktu untuk pembelajaran
2.Pembelajaran juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
Ancaman (T) :
1.Perkembangan
TIK yang cepat
3.Menimbulkan persaingan yang tidak wajar
2.Peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat
4.Sulit menyesuaikan diri dengan peserta yang lai
3.Menimbulkan persaingan yang tidak wajar
2.Peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat
4.Sulit menyesuaikan diri dengan peserta yang lai
SWOT
Analysis
Faktor Internal
Faktor Eksternal
|
Kekuatan (S)
|
Kelemahan (W)
|
1.Program ini
difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Ditjen PLS, Depdiknas,
melalui dana block grant perluasan akses pendidikan kesetaraan
|
1.Peserta didik yang menguasai TIK
masih sedikit
|
|
2.Memanfaatkan
information and communication technology (ICT)
|
2.Pembelajaran tidak terkontrol
|
|
3.Aplikasi
Pembelajaran Paket C
Berbasis Web.
|
3.Jaringan
internet masih belum merata sampai ke pedesaan
|
|
4.Penyebaran
informasi Pembelajaran
Kejar Paket C berbasis ICT
yang yang kurang kepada masyarakat
|
||
Peluang (O)
|
S1-O1: Memanfaatkan fasilitas yang
diberikan Depdiknas untuk menarik peserta didik
S2-O2: Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
yang berlangsung melalui internet untuk menghemat waktu
S3-O3: Memanfaatkan aplikasi yang berbasis
web dalam pembelajaran
|
W1-O1: Memberikan pengajaran tentang TIK
kepada peserta didik
W2-O3: Menggunakan psroses skoring untuk
mengontrol peserta didik
W3-O1: Memaksimalkan jarinan internet
supaya merata untuk mendapatkan peserta didik
|
1. Peserta didik
hanya mendaftar melalui internet dan tak perlu datang secara langsung ke
penyelenggara
|
||
2.Tidak membutuhkan banyak waktu
untuk pembelajaran
|
||
3.Pembelajaran
juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
|
||
Ancaman (T)
|
S2-T1: Memanfaatkan TIK untuk mengikuti
perkembangan yang cepat
S3-T2: Menggunakan aplikasi berbasis web
untuk mengurangi kecurangan peserta didik
S1-T4: Memanfaatkan fasilitas yang
diberikan untuk mengakrabkan peserta
|
W1-T1: Peserta diberikan penguasaan TIK
untuk mengikuti perkembangan TIK yang cepat
W2-T2: Mengontrol pembelajaran melalui
skoring agar tidak terjadi kecurangan antarpeserta
W3-T3: Meratakan jaringan internet agar
masyarakat mendapat informasi dan pelayana yang baik
|
1.Perkembangan TIK yang cepat
|
||
2.Menimbulkan
persaingan yang tidak
wajar
|
||
3.Peserta didik menginginkan
pelayanan yang mudah dan cepat
|
||
4.Sulit
menyesuaikan diri dengan peserta
yang lain
|
daftar pustaka
http://pls-pkbm.blogspot.com/2009/08/peluncuran-aplikasi-pembelajaran-paket.html
Komentar
Posting Komentar