SWOT Analysis “Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT pada (Pokja) Kesetaraan BP-PLSP Regional I”




TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI
SWOT Analysis “Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT pada (Pokja) Kesetaraan BP-PLSP Regional I

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah TIK

Oleh :
Auliya Miftachul Umri  ( 1201413065 )

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013




Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT pada (Pokja) Kesetaraan BP-PLSP Regional I

LIST

Faktor  Internal
Kekuatan (S) :
1.Program ini difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Ditjen PLS,  Depdiknas, melalui dana block grant perluasan akses pendidikan kesetaraan
2.Memanfaatkan information and communication technology (ICT)
3.Aplikasi Pembelajaran Paket C Berbasis Web.
Kelemahan (W) :
1.Peserta didik yang menguasai TIK masih sedikit
2.Pembelajaran tidak terkontrol
3.Jaringan internet masih belum merata sampai ke pedesaan
4.Penyebaran informasi
Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT
yang yang  kurang kepada masyarakat
Faktor Eksternal
Peluang (O) :
1. Peserta didik hanya mendaftar melalui internet dan tak perlu datang secara langsung ke penyelenggara
2.Tidak membutuhkan banyak waktu untuk pembelajaran
3.Pembelajaran juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
Ancaman (T) :
1.Perkembangan TIK yang cepat
2.Menimbulkan persaingan yang tidak wajar
3.Peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat
4.Sulit menyesuaikan diri dengan peserta yang lain







RANKING
Faktor  Internal
Kekuatan (S) :
1.Program ini difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Ditjen PLS,  Depdiknas, melalui dana block grant perluasan akses pendidikan kesetaraan
2.Memanfaatkan information and communication technology (ICT)
3.Aplikasi Pembelajaran Paket C Berbasis Web.
Kelemahan (W) :
3.Peserta didik yang menguasai TIK masih sedikit
4.Pembelajaran tidak terkontrol
2.Jaringan internet masih belum merata sampai ke pedesaan
1.Penyebaran informasi
Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT
yang yang  kurang kepada masyarakat
Faktor Eksternal
Peluang (O) :
1. Peserta didik hanya mendaftar melalui internet dan tak perlu datang secara langsung ke penyelenggara
3.Tidak membutuhkan banyak waktu untuk pembelajaran
2.Pembelajaran juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
Ancaman (T) :
1.Perkembangan TIK yang cepat
3.Menimbulkan persaingan yang tidak wajar
2.Peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat
4.Sulit menyesuaikan diri dengan peserta yang lai




SWOT Analysis
                 
               Faktor  Internal


   











Faktor Eksternal
Kekuatan (S)
Kelemahan (W)
1.Program ini difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Ditjen PLS, Depdiknas, melalui dana block grant perluasan akses pendidikan kesetaraan
1.Peserta didik yang menguasai TIK masih sedikit
2.Memanfaatkan information and communication technology (ICT)
2.Pembelajaran tidak terkontrol
 3.Aplikasi Pembelajaran          Paket C Berbasis Web.
3.Jaringan internet masih belum merata sampai ke pedesaan

4.Penyebaran informasi Pembelajaran Kejar Paket C berbasis ICT
yang yang  kurang kepada masyarakat
Peluang (O)
S1-O1: Memanfaatkan fasilitas yang diberikan Depdiknas untuk menarik peserta didik
S2-O2: Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran yang berlangsung melalui internet untuk menghemat waktu
S3-O3: Memanfaatkan aplikasi yang berbasis web dalam pembelajaran
W1-O1: Memberikan pengajaran tentang TIK kepada peserta didik
W2-O3: Menggunakan psroses skoring untuk mengontrol peserta didik
W3-O1: Memaksimalkan jarinan internet supaya merata untuk mendapatkan peserta didik
1. Peserta didik hanya mendaftar melalui internet dan tak perlu datang secara langsung ke penyelenggara
2.Tidak membutuhkan banyak waktu untuk pembelajaran
3.Pembelajaran juga melalui internet dan seluruh modul-modul dapat didownload
Ancaman (T)
S2-T1: Memanfaatkan TIK untuk mengikuti perkembangan yang cepat
S3-T2: Menggunakan aplikasi berbasis web untuk mengurangi kecurangan peserta didik
S1-T4: Memanfaatkan fasilitas yang diberikan untuk mengakrabkan peserta
W1-T1: Peserta diberikan penguasaan TIK untuk mengikuti perkembangan TIK yang cepat
W2-T2: Mengontrol pembelajaran melalui skoring agar tidak terjadi kecurangan antarpeserta
W3-T3: Meratakan jaringan internet agar masyarakat mendapat informasi dan pelayana yang baik
1.Perkembangan TIK yang cepat
2.Menimbulkan persaingan yang tidak wajar
3.Peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat
4.Sulit menyesuaikan diri dengan peserta yang lain

daftar pustaka 
http://pls-pkbm.blogspot.com/2009/08/peluncuran-aplikasi-pembelajaran-paket.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etnografi Kebudayaan Semarang

“HAKIKAT PENDIDIKAN”

contoh PKM Gagasan Tertulis lolos Dikti tahun 2015, diketuai oleh Dian Fatmawati, Akuntansi Unnes